NO FREE LUNCH

Tidak ada makan siang yang gratis,
itulah istilah para koruptor yang kita pinjam untuk membandingkan atau menjelaskan mitos aplikasi gratis yang kita gunakan selama ini, baik aplkasi di iOs nya Apple atau di Android.

Semua aplikasi sosmed seperti BBM, FB, LINE, WA, INSTAGRAM, PATH, TWITER ataupun game yang kita gunakan selama ini, pada dasarnya sudah kita bayar melalui pemotongan kuata data yang kita miliki.
Begitu juga dengan video call yang ada pada BBM, LINE, IMO atau aplikasi lain yang memiliki fitur Call free atau Video Call.

Dahulu kala masyarakat pengguna Facebook sempat juga heboh oleh isu Fb berbayar yang hampir2 memunculkan petisi untuk menolak kebijakan berbayar tersebut.
Namun seiring berjalannya waktu, isu ataupun gosip Fb berbayar lambat laun hilang ditelan hiruk pikuk munculnya Blackberry Messenger.

Akhir2 ini muncul lagi isu atau gosip tentang aplikasi Whatsapp berbayar sekitar 0,01 Euro per pesan (message). Dengan pesan berantai serta indikator logo berwarna biru (logo biru itu tidak pernah ada) serta seolah olah, kalo kita membagikan ke 10 pengguna WA, maka otomatis kita akan di gratiskan oleh Whatsapp.

Dengan iming2 gratis setelah kita mengirimkan informasi tersebut ke 10 pengguna WA,...?? Siapa yang paling diuntungkan???. Tentu saja pihak Vendor/pemilik WA itu sendiri, karena kita begitu heboh serta begitu sibuk saling mengirim pesan berantai tersebut.
Kemudian, pihak manalagi yang diuntungkan? tentu saja pihak operator yang pesta pora menjual paket2 internet dengan variasi nilai rupiah serta jumlag gigabyte yang sangat variatif.
Yang terakhir adalah media masa online yang secara gencar memberitakan tentang isu WA gratisan, karena ukuran keberhasilan media massa online adalah banyaknya pengunjung yang meng-akses link atau website mereka.

Nah sekali lagi, .... Tidak ada makan siang yang gratis, semua bayar. Dikatakan gratis karena kita tidak membayar secara langsung ke pemilik aplikasi,
kita tidak transfer uang kepada mereka......
Yang jelas begitu kita cek & ricek ke *123# ternyata kuota kita terus berkurang.

Comments

Popular posts from this blog

JAKA SEMBUNG

Tanya Suka2 Jawabannya Suka2 juga..( Hal-Dua )

ONLINE, ONLINE dan ONLINE Lagi