Add Friend
Eksplore PENTING or back to Front

08772542XXXX
Bang jasmin aku mau tanya, kalo batre hp jadi kembung ithu kenapa ya? padahal hp jarang di charge. nuhun bang.
Nur-Tasikmalaya

Jawab : Nnnuuuurrrrr.. kamana wungkul meni ngiles tara OL? sibuk naon sih? ...nyai ari baterai kembung mah bukan sulap bukan sihir bukan salah nge-charge, bukan lupa nyabut, bukan kelamaan ngecharge deuleu? (hehehe ceuk urang bojong rangkong).
Tapi, kembung karena memang karakter baterai handphone yang sudah soak, bocor bakal seperti itu, sementara kalau baterai jam dinding seperti abc/alkalin manakala sudah uzur, tekor soak ataupun drop akan mengeluarkan cairan dan meleleh. Jadi kamu nggak usah pusing omongan orang seperti salah ngecharge, kelamaan ngecharge atau over charge karena apa? handphone punya perangkat ic charger yang berfungsi
memutus arus listrik dari charger pada saat baterai sudah penuh. Jadi pada saat baterai sudah terisi penuh (umumnya setelah 2 jam), maka akan muncul tulisan baterai penuh, charging complette, ataupun batteray full. Pokokna mah kamu don wori bi hepi aja, mau ngecharge semalaman, ti isuk jedur atawa ditancep saumur-umur. Perhatikan itu dispencer manakala airnya sudah panas maka lampunya akan merah/stop, begitu juga dengan setrika, pada saat panas sudah maksimal maka lampunya otomatis mati, lalu kemudian kalau panasnya berkurang maka lampunya menyala. Tah.... sami sarua jeung handphone, kalau baterai sudah penuh, maka pengechasan otomatis berhenti.

Bandung, 10:47:00 PM
Bang Jasmin

[EDIT]

Aku Anak Medan Yang Merantau dan Menjadi Warga Bandung Paris Van Java. Dulu Thn Delapan puluhan, Sejuk kali rasanya, Dingiiiin, Mandi pun jarang, saking dinginnya.
Sekarang? ... Gerah, panas, banyak kendaraan Lalu lalang, tak Nyaman lagi, Ngga kayak dulu...
Sekarang? ... Jalan berlobang, Lobang berjalan entah siapa yang harus di Salahkan...
Aku bergelut di dunia seluler sejak tahun 1995..
Aku bukanlah siapa2,...hanya saja kebetulan Aku di kasih kepercayaan untuk mengasuh Rubrik Om Bengkel di Tabloid HaPe Bandung. Yaitu rubrik tanya jawab Seputar Handphone sejak awal 2008 sampai februari 2012.
Kemudian karena suatu hal aku mengundurkan diri dari Hape Bandung. Dan sekarang per 20 Maret 2012 Aku berkolaborasi dengan salah satu Media lokal yang sudah puluhan tahun eksis di Bandung yaitu Gadget Pikiran Rakyat setiap hari Kamis halaman 25-26.
Rubrik yang baru ini juga memiliki konsep ataupun style yang sama dengan yang dahulu, membahas masalah Handphone secara Santai.
Kemudian adanya blog ini juga semacam arsip online yang bisa di baca oleh semua manusia, dimana saja kapan saja karena terbuka untuk umum selama 25 jam penuh tanpa henti.
Cerita berlanjut, tepatnya tgl 13 Maret 2014 Rubrik Bengkel Seluler pada Gadget Pikiran Rakyat dihentikan jam tayangnya oleh Redaksi PR. Entah karena alasan teknis ataupun dengan alasan lain. Alasan yang paling tepat adalah "Perubahan Strutural pada HU. Pikiran Rakyat". Beda pimpinan, beda selera serta beda kebijakan, begitulah hukum alam
Seiring berjalannya waktu, Aku dapat penawaran menjadi nara sumber tanya jawab di media online Liputan6[dot]com kanal Tekno. Adapun teknisnya kurang lebih sama dengan media2 lainnya, yaitu pertanyaan melalui email ke Redaksi kemudian Kita jawab pada tampilan berikutnya.

Add Friend