Add Friend
Eksplore PENTING or back to Front

08586006xxxx
Bang saya beli hp onyx 1 baru dengan harga 2.850.000 tp baru pake kurang 2 minggu lcd hp ngegaris hitam alias kena pas sy tanya ke tempat beli di BEC bilang LCD harus diganti dan sy harus bayar lagi Rp550.000, yg sy tanya apa garansi tidak bisa
dipake? Apa pihak counter tidak mempunya garansi toko padahal sy beli baru dengan garansi BLESS 2 tahun? Dan hape daro pertama beli blm pernah jatuh ataupun kena air? Apa ada kekuatan buat saya melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib karena
saya merasa dibohongi? Bagaimana bang sy harus bertindak karena sudah berkali2 daya datangin counter HP tersebut tp tidak ada kebijaksanaan ataupun tanggungjawabnya. terima kasih

Jawab: Weleh weleh...itulah dunia seluler, manis ketika menjual haseum ketika dikomplain.
Sebenarnya tanggung jawab konter selaku penjual hape pada dasarnya hanya sebatas memastikan bahwasanya hape tersebut bisa berfungsi secara baik pada saat terjadinya transaksi. Seperti fitur ataupun fasilitas yang ada pada handphone dapat difungsikan pada saat itu seperti, sinyal fungsi kamera, fungsi pengechasan, tombol2 ataupun suaranya berfungsi secara normal sebagaimana layaknya handphone pada umumnya.
Apabila semua unsur sudah terpenuhi, kemudian bungkus, bayar lalu kitapun pulang dengan hati yang penuh sukacita, gembira senang karena punya handphone baru. Nah untuk selanjutnya, keberadaan fisik handphone tersebut bukan urusan konter atau si penjual hape lagi akan tetapi merupakan urusan ataupun tanggung jawab distributor yang memberi jaminan garansi sampai dengan 2 tahun.
Maaf, yang namanya garansi konsep murninya bukan lcd, bukan baterai bukan charger ataupun trackpad, tapi garansi yang dimaksud adalah cacat pabrik
seperti, hape mati tanpa sebab, hilang sinyal tanpa sebab atau ngecharge normal tapi baterai tidak bisa penuh.
Tanggung jawab konter hanya sebatas moral yaitu mengarahkan keluhan kita kepada pihak distributor selaku penjamin, tapi bukan mengatasi kerusakan itu sendiri.
Sekali lagi mohon maaf, khususnya Onyx paling banyak kasus lcd bergaris, biasanya disebabkan benturan kecil sekalipun, atau masuk kedalam saku celana yang sempit karena tidak ada kaca pengaman seperti gemini, 8220 atau 8310. Jadi mustahil tanpa sebab, maaf ya tidak ada penipuan disini dan secara hukum, kita tidak punya kekuatan apapun untuk membawa kasus ataupun keluhan ini kepada pihak berwajib.
Akhir kata jangan terlena dengan iming2 garansi 10 tahun, semua distributor yang menjanjikan garansi pada dasarnya adalah iklan terselubung supaya dagangannya laku. Menjamin garansi, tapi kenyataan dilapangan, untuk menyelesaikan kerusakan ringan bisa makan waktu sampai 2 bulan?.

Bandung, 6:22:00 PM
Bang Jasmin

[EDIT]

Aku Anak Medan Yang Merantau dan Menjadi Warga Bandung Paris Van Java. Dulu Thn Delapan puluhan, Sejuk kali rasanya, Dingiiiin, Mandi pun jarang, saking dinginnya.
Sekarang? ... Gerah, panas, banyak kendaraan Lalu lalang, tak Nyaman lagi, Ngga kayak dulu...
Sekarang? ... Jalan berlobang, Lobang berjalan entah siapa yang harus di Salahkan...
Aku bergelut di dunia seluler sejak tahun 1995..
Aku bukanlah siapa2,...hanya saja kebetulan Aku di kasih kepercayaan untuk mengasuh Rubrik Om Bengkel di Tabloid HaPe Bandung. Yaitu rubrik tanya jawab Seputar Handphone sejak awal 2008 sampai februari 2012.
Kemudian karena suatu hal aku mengundurkan diri dari Hape Bandung. Dan sekarang per 20 Maret 2012 Aku berkolaborasi dengan salah satu Media lokal yang sudah puluhan tahun eksis di Bandung yaitu Gadget Pikiran Rakyat setiap hari Kamis halaman 25-26.
Rubrik yang baru ini juga memiliki konsep ataupun style yang sama dengan yang dahulu, membahas masalah Handphone secara Santai.
Kemudian adanya blog ini juga semacam arsip online yang bisa di baca oleh semua manusia, dimana saja kapan saja karena terbuka untuk umum selama 25 jam penuh tanpa henti.
Cerita berlanjut, tepatnya tgl 13 Maret 2014 Rubrik Bengkel Seluler pada Gadget Pikiran Rakyat dihentikan jam tayangnya oleh Redaksi PR. Entah karena alasan teknis ataupun dengan alasan lain. Alasan yang paling tepat adalah "Perubahan Strutural pada HU. Pikiran Rakyat". Beda pimpinan, beda selera serta beda kebijakan, begitulah hukum alam
Seiring berjalannya waktu, Aku dapat penawaran menjadi nara sumber tanya jawab di media online Liputan6[dot]com kanal Tekno. Adapun teknisnya kurang lebih sama dengan media2 lainnya, yaitu pertanyaan melalui email ke Redaksi kemudian Kita jawab pada tampilan berikutnya.

Add Friend