Add Friend
Eksplore PENTING or back to Front


08191028XXXX
Bang Jasmin, handphone saya rsk krendm air dan sudah di bwa ke counter service ktanya hp sya rsk ICnya yang kena. yg sya mau tanyain, dmn tmpt service terbagus agar hp sy bisa nyala lg. nuhun bang. Budi-Kopo

Jawab : Wahai manusia ketahuilah bahwasanya musuh utama perangkat elektronik baik itu komputer, laptop televisi listrik maupun handphone adalah air. Karena air maupun cairan dapat membuat sirkuit elektronik menjadi korsleting, short atau arus pendek. Maka berhati-hatilah terhadap air, terlebih lebih sekarang musim hujan jadi...... sedia kresek sebelum hujan. Kembali ke topik pembahasan kita, manakala handphone terkena air, entah kecemplung, kecipratan atau kehujanan maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah cabut battery. Kemudian langkah kedua adalah mengeringkan handphone tersebut. Mengeringkan handphone yang terkena air bisa dilakukan dengan cara menjemur dibawah terik matahari. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan handphone sangat tergantung pada kadar basahnya, artinya semakin basah hape tersebut maka makin lama pula kita menjemurnya. Semakin lama kita menjemurnya maka semakin kering pula hasilnya, setidak tidaknya minimal satu minggu. Cara kedua sedikit agak ekstrim, coba bungkus hape tersebut dengan sehelai kain lalu masukkan kedalam ruangan mesin mobil, ikat pada satu tempat supaya tidak terjatuh, kemudian setelah 2 hari ambil, maka kondisi hape akan menjadi kering. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah, memasang battery pada saat hape masih basah, menge-charge atau jangan coba di on kan, kecuali kalau kita memang benar benar yakin bahwasanya handphone tersebut sudah tidak mengandung cairan. Menjemur dibawah terik matahari cukup efektif, kita tidak perlu kuatir karena matahari tidak akan merusak sirkuit atau lcdnya buktinya....Singo Edan berjalan dibawah terik matahari selama berhari tanpa takut mati. Nah buat Budi di Kopo coba perhatikan, selama kamu tidak mempertimbangkan cara cara tersebut maka bersiap siaplah ke ATM.

Bandung, 10:32:00 AM
Bang Jasmin

[EDIT]

Aku Anak Medan Yang Merantau dan Menjadi Warga Bandung Paris Van Java. Dulu Thn Delapan puluhan, Sejuk kali rasanya, Dingiiiin, Mandi pun jarang, saking dinginnya.
Sekarang? ... Gerah, panas, banyak kendaraan Lalu lalang, tak Nyaman lagi, Ngga kayak dulu...
Sekarang? ... Jalan berlobang, Lobang berjalan entah siapa yang harus di Salahkan...
Aku bergelut di dunia seluler sejak tahun 1995..
Aku bukanlah siapa2,...hanya saja kebetulan Aku di kasih kepercayaan untuk mengasuh Rubrik Om Bengkel di Tabloid HaPe Bandung. Yaitu rubrik tanya jawab Seputar Handphone sejak awal 2008 sampai februari 2012.
Kemudian karena suatu hal aku mengundurkan diri dari Hape Bandung. Dan sekarang per 20 Maret 2012 Aku berkolaborasi dengan salah satu Media lokal yang sudah puluhan tahun eksis di Bandung yaitu Gadget Pikiran Rakyat setiap hari Kamis halaman 25-26.
Rubrik yang baru ini juga memiliki konsep ataupun style yang sama dengan yang dahulu, membahas masalah Handphone secara Santai.
Kemudian adanya blog ini juga semacam arsip online yang bisa di baca oleh semua manusia, dimana saja kapan saja karena terbuka untuk umum selama 25 jam penuh tanpa henti.
Cerita berlanjut, tepatnya tgl 13 Maret 2014 Rubrik Bengkel Seluler pada Gadget Pikiran Rakyat dihentikan jam tayangnya oleh Redaksi PR. Entah karena alasan teknis ataupun dengan alasan lain. Alasan yang paling tepat adalah "Perubahan Strutural pada HU. Pikiran Rakyat". Beda pimpinan, beda selera serta beda kebijakan, begitulah hukum alam
Seiring berjalannya waktu, Aku dapat penawaran menjadi nara sumber tanya jawab di media online Liputan6[dot]com kanal Tekno. Adapun teknisnya kurang lebih sama dengan media2 lainnya, yaitu pertanyaan melalui email ke Redaksi kemudian Kita jawab pada tampilan berikutnya.

Add Friend