Add Friend
Eksplore SANTAI or back to Front

Edisi tiga Hal_3 HP Bandung Febr_2010

Bang jez kumaha sih carana nyieun hape? (Ogeph, Cimohai 08569156xxx)

Jawab : Nyieun hape?..gampang... yang perlu disediakan kompor, adonan, blender, terigu secukupnya, garam dapur, gula pasir, telor bebek, bawang, cabe, ati ampela, menyan, tembakau, dan bawang bombay. Aduk semua bahan tersebut hingga rata, agar supaya lebih menarik tambah sedikit pewarna, lalu masak diatas kompor sambil terus di aduk, setelah hangat2 kuku baru kemudian angkat dan taplok keun dina tarang. Maka jadilah hape cap tarang.

Om bengkel anu guanteng teng teng, tempatna service center huawei dmana yaw?? Maenya kudu ka esia mah??
(Via, Setiabudi 08562203xxx)

Jawab : Via Setiabudi...waduh hatur tengkiu ya? koz qmu qmu orang yang ke 719 bilang aku guanteng, padahal aku ga cakep2 amat ya lumayanlah berani bersaing ama sule, atau ariel orang cibaduyut, Say Esia itu cuma jual pulsa aza mereka ga ngurusin hape, begitu juga operator2 lain yang sering jual paket hape berikut perdana, ya biasalah mereka harus terus2an mendongrak penjualan pulsa, menambah jumlah pelanggan, menyebar perdana mereka ke penjuru tanah air sampai ke pelosok daerah, baik daerah rawan atau daerah beling, Adapun service center Huawei?terakhir aku dengar ada di bilangan jalan Ahmad Yani dekat lapangan Persib,tepatnya Jl. Kaca-kaca Wetan Bandung Jawa Barat, Indonesia. Mengenai nomernya kamu bisa tanya ke tukang Beca atau penduduk sekitar situ...

Kang bengkel anu unix, gmana yah caranya ngebenerin scroll anu macet? Hape sy hape china anu qwerty kang!
(Herman, Melong 02270658xxx)

Jawab ; Macet? yang namanya Scroll, track ball atau joystick memang paling sering terjadi dan memang salah satu perangkat di ponsel yang paling sering digunakan dan yang paling sering rusak. Dan sekarang kalau sudah begitu mau ga mau harus kedokter hape, atau klo memang masih garansi bawa aja ke service center hape tersebut, dan biasanya kalau hanya sebatas ganti joystick, trackball, atau scroll waktu yang dibutuhkan cuma beberapa menit tapi juga sangat tergantung ketersediaan sparepartnya. Herman Melong kamu ga usah kuatir karena Trackball untuk BB ataupun BB China semuanya sama saja alatnya itu2 juga sami sarua.

Ass,, kang Eaank tambah nge-rockz Z buukna. Cha mw tan’a niiy. Q pake nokia Xpressmusic. Tp klo mw internet-n zuka lola. Kenapa siiiiiyyy??
(skywave@xxx.com)

Jawab : Gusti...iyeu edisi tilu emang bikin lieuuuuuuurrrr, pertanyaan nana? hararade, ilmiah, jero, cararanggih pokokna mah te o pe begete top abiss ngan lieur ku tulisanna, ari kata2 jeng kalimat kararitu meunang timana sih? SD na dimana ari teu di jawab bisi pundung rek ngajawab lieur ku tulisannana...ah kieu2 ge urang mah gauul. Begini skywave matic, internetan? lelet? boyot? lola? taw lambay? dahh gga anewwhh, cepat atau lola nya proses browshing pertama tergantung pada operator seluler itu sendiri, yang kedua tergantung pada alat/sarana/modem atau hp yng digunakan, yang ketiga tergantung dari jumlah pemakai internet. Semakin banyak pemakainya maka akan semakin padat traffic nya, maka semakin lambat dan lola proses browshingnya. Ituww lla faktor utama yang paling menentukan dunia mayay, lola abizz dan lieur abizz ...hp qmuu qmuu..ga papaw, pokow nah mah dalam beberapaw bulan kedepan yang namanya internetan tidak akan nyaman sebab terlalu banyak yang OL, Chat, YM, FB an, Twiteran...kacian de low

Hai om, cuman penasaran ajah, klo download2 aplikasi ke perangkat ponsel kita itu bresiko ga sih? Resikonya apa? Fiki, Baros (fikipain@xxx.co.id)

Jawab : Hai juga, cuman jawab ajah, klo download2 aplikasi melalui ponsel secara langsung so pasti sangat beresiko karena ponsel dirancang untuk komunikasi biasa bukan untuk download. Karena download adalah pekerjaan berat, dan harus di lakukan oleh komputer, sementara ponsel hanya sebatas kirim atau terima data yang ukurannya kecil dengan hitungan beberapa kilobite..Apabila di paksakan maka si hape bisa mati mendadak, restart atau tidak mampu startup, atau resiko2 lain yang menyebabkan hape tidak bisa di fungsikan secara normal. Jadi kalau mau aman suraman, jadikan hape sebagai modem dan 99,99% pasti aman dari virus, aman download apa saja dan bebas mengarungi dunia maya. Yang penting? hape punya sendiri dan pulsanya cukup untuk internetan.

Bandung, 12:00:00 AM
Bang Jasmin

[EDIT]

Aku Anak Medan Yang Merantau dan Menjadi Warga Bandung Paris Van Java. Dulu Thn Delapan puluhan, Sejuk kali rasanya, Dingiiiin, Mandi pun jarang, saking dinginnya.
Sekarang? ... Gerah, panas, banyak kendaraan Lalu lalang, tak Nyaman lagi, Ngga kayak dulu...
Sekarang? ... Jalan berlobang, Lobang berjalan entah siapa yang harus di Salahkan...
Aku bergelut di dunia seluler sejak tahun 1995..
Aku bukanlah siapa2,...hanya saja kebetulan Aku di kasih kepercayaan untuk mengasuh Rubrik Om Bengkel di Tabloid HaPe Bandung. Yaitu rubrik tanya jawab Seputar Handphone sejak awal 2008 sampai februari 2012.
Kemudian karena suatu hal aku mengundurkan diri dari Hape Bandung. Dan sekarang per 20 Maret 2012 Aku berkolaborasi dengan salah satu Media lokal yang sudah puluhan tahun eksis di Bandung yaitu Gadget Pikiran Rakyat setiap hari Kamis halaman 25-26.
Rubrik yang baru ini juga memiliki konsep ataupun style yang sama dengan yang dahulu, membahas masalah Handphone secara Santai.
Kemudian adanya blog ini juga semacam arsip online yang bisa di baca oleh semua manusia, dimana saja kapan saja karena terbuka untuk umum selama 25 jam penuh tanpa henti.
Cerita berlanjut, tepatnya tgl 13 Maret 2014 Rubrik Bengkel Seluler pada Gadget Pikiran Rakyat dihentikan jam tayangnya oleh Redaksi PR. Entah karena alasan teknis ataupun dengan alasan lain. Alasan yang paling tepat adalah "Perubahan Strutural pada HU. Pikiran Rakyat". Beda pimpinan, beda selera serta beda kebijakan, begitulah hukum alam
Seiring berjalannya waktu, Aku dapat penawaran menjadi nara sumber tanya jawab di media online Liputan6[dot]com kanal Tekno. Adapun teknisnya kurang lebih sama dengan media2 lainnya, yaitu pertanyaan melalui email ke Redaksi kemudian Kita jawab pada tampilan berikutnya.

Add Friend