Add Friend
Eksplore BAHASA GAUL or back to Front

BLACK MARKET

Beu!?...sangat menakutkan...kata2 seperti black market, BM..entah siapa yang pertama kali mengucapkan kata2 BM..tapi yang jelas sangat menyeramkan, yang secara finansil merugikan mereka yang hendak menjual atau tukar tambah HP.....kalo HP BM harganya pasti dibawah harga umum..
Sodara sodara ketahuilah HP black market hanyalah suatu istilah yang tidak punya dampak hukum apapun di Republik ini, itu semua hanyalah urusan selembar kertas dan Keangkuhan Produsen HP, manakala kita tidak membeli HP dari salah satu Produsen/Dealer di Negeri ini maka kita akan mendapat label BM...
Contoh sederhana : Suatu waktu kita jalan2 ke negeri tetangga, atau ke Eropa atau kemanalah suka2 kita, disalah satu Mall disana kita tertarik pada HP bermerk, trend dan agak murah sebagai souvenir atau bilanglah Oleh2....kemudian kita pulang lagi ke Indonesia..Maka pada saat kita sampai ke negeri ini, lalu HP yg kita beli tadi secara otomatis mendapat julukan BM dan bukan resmi, padahal HP itu baik dari segi Merk ataupun Type.. memang ada di Indonesia...yang nota bene sama2 dari pabriknya di Negeri China hanya saja kita belinya di negeri asing bukan dari dealer Indonesia...
Secara fisik baik luar maupun dalamnya 100% tidak ada perbedaan sama sekali, semuanya sama, perbedaannya hanya dari software saja khususnya bahasa atau konten/fiture yang disesuaikan dengan negara bersangkutan, untuk Asia Facifik ada bahasa Indonesianya.. di negara lain? ya pake bahasa sana la, masak program bahasa Indonesia dijual di Nigeria ya pasti ga laku, mana ngerti orang sana, begitu juga yang dijual di kita pasti ada bahasa Indonesianya.
Sodara sodara kita tak usah kecewa dengan istilah BM atau apalah..biar aja cuek aja, kalian bebas beli HP apapun, dimanapun, mau di Jakarta Bandung atau di Kutub sekalipun, suka2 kalian, uang2 kalian koq.. kenapa ambil pusing dengan istilah BM?
Apa hak mereka merendahkan kepunyaan kita? tapi sayang disayang kata2 BM sudah menempel di benak mayarakat kita dan memang sulit untuk di bersihkan..untung itu cuma ada di dunia seluler atau dunia HP..
Bagaimana seandainya kalo istilah BM juga berlaku di Dunia Manusia? wah wah...gawat juga ya...
si Zaenab, si Anggun, si oppie kawin sama Bule, berarti laki'nya BM, trus banyak artis2 yang kawin sama bule, berarti Bini'nya BM? ah ada ada saja kalian ini...

Bandung, 11:53:00 PM
Bang Jasmin

[EDIT]

Aku Anak Medan Yang Merantau dan Menjadi Warga Bandung Paris Van Java. Dulu Thn Delapan puluhan, Sejuk kali rasanya, Dingiiiin, Mandi pun jarang, saking dinginnya.
Sekarang? ... Gerah, panas, banyak kendaraan Lalu lalang, tak Nyaman lagi, Ngga kayak dulu...
Sekarang? ... Jalan berlobang, Lobang berjalan entah siapa yang harus di Salahkan...
Aku bergelut di dunia seluler sejak tahun 1995..
Aku bukanlah siapa2,...hanya saja kebetulan Aku di kasih kepercayaan untuk mengasuh Rubrik Om Bengkel di Tabloid HaPe Bandung. Yaitu rubrik tanya jawab Seputar Handphone sejak awal 2008 sampai februari 2012.
Kemudian karena suatu hal aku mengundurkan diri dari Hape Bandung. Dan sekarang per 20 Maret 2012 Aku berkolaborasi dengan salah satu Media lokal yang sudah puluhan tahun eksis di Bandung yaitu Gadget Pikiran Rakyat setiap hari Kamis halaman 25-26.
Rubrik yang baru ini juga memiliki konsep ataupun style yang sama dengan yang dahulu, membahas masalah Handphone secara Santai.
Kemudian adanya blog ini juga semacam arsip online yang bisa di baca oleh semua manusia, dimana saja kapan saja karena terbuka untuk umum selama 25 jam penuh tanpa henti.
Cerita berlanjut, tepatnya tgl 13 Maret 2014 Rubrik Bengkel Seluler pada Gadget Pikiran Rakyat dihentikan jam tayangnya oleh Redaksi PR. Entah karena alasan teknis ataupun dengan alasan lain. Alasan yang paling tepat adalah "Perubahan Strutural pada HU. Pikiran Rakyat". Beda pimpinan, beda selera serta beda kebijakan, begitulah hukum alam
Seiring berjalannya waktu, Aku dapat penawaran menjadi nara sumber tanya jawab di media online Liputan6[dot]com kanal Tekno. Adapun teknisnya kurang lebih sama dengan media2 lainnya, yaitu pertanyaan melalui email ke Redaksi kemudian Kita jawab pada tampilan berikutnya.

Add Friend