Batangan ( bukanlah emas )

BATANGAN

Didunia Seluler selain BM, ada lagi istilah lain yaitu : Batangan, sekali lagi bukan emas, tapi satu kondisi dimana sebuah HP tidak memiliki Dus/kotak, tidak ada charger, tidak ada buku panduan, ataupun perlengkapan lain standard HP sewaktu membeli HP baru, yang kemungkinan hilang, rusak atau disebsbkan faktor alam seperti banjir, gempa, ataupun kejadian lain seperti kebakaran, atau juga dus tersebut tertinggal disuatu tempat yang jauh sehingga sulit untuk mengambilnya...
Dahulu pada era tahun '96 sampai dengan tahun '99 istilah batang belum dikenal luas oleh masyarakat khususnya para pedagang/penjual HP. Kemudian waktu trus berjalan hingga kini istilah tersebut meluas serta semua orang pasti mengetahui istilah " batangan " adalah HP
to' tanpa perlengkapan lain. Yang pada akhirnya seseorang atau siapapun pasti mengalami kesulitan untuk menjual ataupun untuk tukar tambah HP, kalaupun bisa dijual yang jelas harganya pasti jauh dibawah harga umum atau harga jual HP tersebut dengan kondisi lengkap. Dulu situasi para pedagang HP itu tidak pernah ambil pusing, apakah batangan ataupun kondisi lengkap, yang penting tawar menawar cocok harga,...lalu bungkuuuuusss.

Tapi 5 tahun terakhir ini istilah batangan tersebut adalah satu istilah yang sangat menakutkan hampir semua pedagang atau penjual HP.
Kenapa?????? ( tanya' la, kaupun diam aja!? )karena sudah banyak kejadian pahit yang dialami para pedagang atau penjual HP... Macam mana ga pahit, karena si pedagang atau penjual HP harus berurusan dengan pihak berwajib ( wajib apa mereka? )yaitu Polisi, Kapok ?....ya kapok la...walaupun UUD ujung ujungnya dilepaskan tapi semua itu ada ongkosnya bung!!!...5 sampai dengan 7 juta perak, ya harus mau berkorban lah, kalu tidak?...............proses panjang,... pengadilan, ..penjara,.. toko pun disegel...mana tahaaaan,..ya sudah bayar aja, daripada dijatuhi pasal penadah barang curian lebih baik kong kali kong yang penting Life Goes On ,bisa dagang lagi.

Yang lebih aneh adalah kejadian lain seperti ada beberapa pedagang yang menerima jual HP batangan dari seseorang...kemudian hanya dengan hitungan menit ada beberapa orang aparat yang datang dan langsung menyerbu dan menangkap pedagang tersebut dengan tuduhan penadah barang curian,... ga usah takut UUD.
Hanya dalam hitungan menit?...menerima HP batangan? dan aparat langsung menangkap "pelaku?"....busyet dah.

Nah,..!! sekarang aku yang nanya sama kalian2..Apakah ada hubungan khusus antara pemilik HP batangan dengan aparat? atau hanya faktor kebetulan semata? atau juga pedagang tersebut memang sudah sering menerima HP batang? dan di intai aparat? hap...lalu ditangkap ya mungkin saja.

Tapi yang ini berbeda bung....karena pedagang tersebut bisa dibilang masih baru lah di dunia HP, bukan penjahat, bukan residivis, juga bukan bandit...tapi ketidak mengertiannya atau katakanlah orang tersebut adalah pegawe atau karyawan salah satu conter HP.
Ada ngga? hubungan khusus antara pemilik HP batangan dengan aparat...?
Entah macam mana menjawabnya...sampe sekarang pun aku belum mendapat " Jawabannya ", mau bertanya paaaaada siapa,...aku disini kau disana sama saja...rumputpun sdh tidak bergoyang lagi, tapi meng-geleng..ga tau..

Popular posts from this blog

JAKA SEMBUNG

Tanya Suka2 Jawabannya Suka2 juga..( Hal-Dua )

PHK MASAL